Pengalaman Perpanjangan Paspor di Kantor Imigrasi Depok

Saya sudah lama memiliki Paspor, namun karena merasa jarang digunakan maka saat masa berlakunya habis paspor tersebut tidak saya perpanjang. Masa berlaku Paspor saya tersebut sampai dengan November 2011, jadi sudah kadaluarsa hampir 6 tahun hehe..

Namun berdasarkan informasi yang saya dapat, seberapa lama pun kadaluarsanya Paspor masih bisa diperpanjang karena semua data-data kita (identitas diri, orang tua dan data biometrik) masih tersimpan di database Imigrasi. Jadi jangan coba-coba mengaku kita belum pernah memiliki paspor sebelumnya, karena pasti akan ketahuan oleh sistem komputer Imigrasi hehe. Lalu bagaimana misalnya kalau Paspor tersebut hilang?Jangan khawatir, tinggal buat laporan kehilangan ke Kantor Polisi dan bawa surat keterangan dari kepolisian tersebut sebagai lampiran permohonan perpanjangan Paspor.

Alhamdulillah, meskipun sudah lama kadaluarsa tapi Paspor masih saya simpan dengan baik. Namun ada masalah lagi, KTP saya adalah KTP Kalimantan Selatan apakah saya harus perpanjang Paspor ke Kantor Imigrasi Banjarmasin?Terbayang waktu dan biaya yang tersita untuk mengurusi ini apabila harus bolak-balik ke Banjarmasin sementara domisili saya sekarang di Depok. Alhamdulillah lagi, berdasarkan keterangan yang saya dapat, kita dapat membuat/memperpanjang Paspor di Kantor Imigrasi mana saja. Namun untuk itu mohon disiapkan surat keterangan yang menerangkan kenapa kita membuat Paspor bukan di Kantor Imigrasi sesuai domisili KTP.

Nah berikut ini langkah-langkah yang dilakukan untuk memperpanjang Paspor di Kantor Imigrasi, dalam hal ini di Kantor Imigrasi Depok. Proses dan biaya perpanjangan paspor sama dengan proses dan biaya membuat Paspor baru.

1. Siapkan semua Dokumen pendukung, yaitu:
    1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang sah dan masih berlaku;
    2. Kartu Keluarga (KK);
    3. Akta kelahiran atau akta perkawinan atau buku nikah atau ijazah SD/SMP/SMA (tercantum nama orang tua); ==> Pilih salah satu saja, dalam hal ini saya menggunakan Akta Kelahiran.
    4. Paspor lama;
    5. Surat Keterangan dari Kantor saya yang menyatakan bahwa saya saat ini sedang menjalani tugas belajar di UI; ==> Karena KTP saya Kalimantan Selatan maka perlu Surat Keterangan ini.
    6. Materai Rp. 6000 sebanyak 1 (satu) buah.
  2. Semua dokumen No. 1 sd 5 di atas di foto copy dalam kertas A4. ==> tips: Agar dari rumah sudah disiapkan seluruh copy dokumen dan materai, karena apabila foto copy di Foto Copy Koperasi Kantor Imigrasi Depok akan sangat lama dan panas (banyak pemohon Paspor yang tidak lengkap copy dokumen/bawa materai sehingga antri cukup panjang). Untuk KTP dicopy dalam 1 halaman (depan dan belakang di copy dalam 1 halaman). Dokumen asli No. 1.1 sd 1.5 di atas HARUS dibawa.
  3. Datang sepagi mungkin (jam buka mulai pukul 07.30), saya datang sekitar pukul 08.30 dan pemohon yang sudah datang duluan bejibun.
  4. Masuk Kantor Imigrasi melewati Pos Security, nanti kita mengambil Form Isian di situ (ada 2 formulir yang harus kita lengkapi yaitu formulir data diri dan formulir pernyataan, biaya formulir GRATIS). Selanjutnya akan diarahkan oleh petugas Security untuk duduk di Antrian. Kita isi dengan lengkap seluruh formulir sambil menunggu giliran untuk dilakukan verifikasi dokumen oleh Petugas. Di dalam formulir itu ada data tempat dan tanggal lahir Ibu dan Bapak kita, jadi sebelumnya pastikan kita sudah memiliki data tersebut ya..
  5. Setelah menunggu sekitar 1 jam akhirnya giliran saya menuju loket Verifikasi Data. Serahkan seluruh dokumen Asli dan Copy kepada petugas untuk diverifikasi. Waktu itu saya ditanya petugas kenapa KTP Kalimantan Selatan tapi koq memperpanjang Paspor di Depok. Itulah gunanya dokumen 1.5 di atas 🙂 Setelah dinyatakan lengkap dan sesuai kita akan difoto dan diberikan satu buah Map berisi dokumen pendaftaran kita beserta nomor antrian dan kartu tamu. Biaya GRATIS.. IMG_2097
  6. Menuju ke dalam Ruang Tunggu untuk dipanggil wawancara, pengambilan data biometrik dan foto. Karena dapat antrian nomor besar maka saya harus menunggu sekitar 2,5 jam untuk dipanggil wawancara. Dan kebetulan hari itu adalah hari Jumat sehingga proses di Kantor Imigrasi dihentikan untuk memberi kesempatan melaksanakan ibadah sholat Jumat. Break dimulai pukul 11.30 sampai dengan 13.00IMG_2099
  7. Setelah tiba nomor antrian kita dipanggil ke Ruang Foto dan Wawancara. Proses wawancara berjalan dengan singkat, intinya ditanya tujuan perpanjangan Paspor dan verifikasi identitas diri kita. Selanjutnya diambil data biometri (sidik jari) dan foto. Selanjutnya kita diberi dua buah formulir, yaitu formulir pengantar pembayaran biaya Paspor ke Bank/Kantor Pos dan formulir pengambilan Paspor.WhatsApp Image 2017-05-07 at 08.39.00
  8. Pembayaran dapat dilakukan di Bank atau Kantor Pos dengan menyerahkan formulir pengantar pembayaran biaya Paspor ke petugas teller Bank/Kantor Pos. Atau dapat pula dilakukan melalui ATM atau mobile banking dengan memasukkan kode bayar yang tercantum di formulir pengantar pembayaran biaya Paspor tersebut (pilih menu pembayaran Pajak).
  9. Simpan slip bukti pembayaran. Bukti pembayaran tersebut dilampirkan di formulir pengambilan Paspor yang akan kita gunakan untuk mengambil Paspor setelah 3 hari kerja kemudian.
  10. Selesai.

Demikian pengalaman saya saat mengurus proses perpanjangan Paspor di Kantor Imigrasi Depok tempo hari. Kesan yang saya peroleh adalah:

• Proses transparan, cepat dan tidak berbelit-belit (dengan catatan semua data kita lengkap);
  • Ruang tunggu cukup nyaman;
  • Petugas pelayanan, mulai dari Petugas Security, Petugas Verifikasi Dokumen, Petugas Wawancara dan Pengambilan Data Biometrik mengerjakan tugasnya dengan baik dan ramah. Tidak ada kesan dipersulit;
  • Tidak ada biaya siluman/pungutan liar/tambahan/dll. Semua biaya yang kita keluarkan 100% sesuai ketentuan.

Intinya adalah pelayanan Kantor Imigrasi Depok adalah pelayanan prima dan ekselen.. 🙂

Berikut ini suasana Ruang Tunggu:

Daftar Menu, hehe:

Katanya antrian dapat dicek online atau lewat SMS, namun waktu saya coba lewat sms ga bisa, kayaknya sedang ada pembenahan sistem IT:

Welcome to Depok @Cagar Alam TH

Alhamdulillah,
Setelah pencarian sekalian lama akhirnya menemukan rumah tinggal yang sekiranya hemat saya cukup nyaman dijadikan tempat tinggal.
Tepat di seberang Taman Hutan Raya Jalan Cagar Alam Raya Depok yang masih dipenuhi aneka tanaman menghijau sehingga udara dan air tanah masih terasa sejuk dan segar.
Mulai 04 Januari 2017 mulai menjadi warga Depok, semoga berkah dan diridhai Gusti Allah..

Pasang Modul WWAN untuk laptop Thinkpad X250

Laptop saya, Lenovo Thinkpad X250, merupakan laptop yang sudah WWAN Ready, artinya sudah ada slot untuk modul WWAN dan SIM Card tray di body nya dan tinggal menambahkan WWAN card nya saja (karena secara default belum terpasang modul tersebut di dalam badan laptop).

Berdasarkan keterangan di website resmi Lenovo, maka modul WWAN yang kompatibel untuk Thinkpad X250 adalah sebagai berikut:

1. Ericsson H5321gw/C5621gw/N5321gw
  2. Sierra Wireless EM7345

Berhubung selisih harga antara card Sierra Wireless EM7345 dan modul Ericsson N5321gw cukup banyak, maka akhirnya saya memutuskan membeli modul Ericsson N5321gw. Namun Anda harus memastikan seri mana yang harus dibeli karena setau saya ada dua seri untuk card ini, yaitu card Ericsson N5321gw dengan FRU: 04W3823 dan dengan FRU: 04W3842. Untuk itu jangan segan-segan cari informasi di website resmi Lenovo, untuk Thinkpad saya X250 type 20CL info yang saya dapat adalah sebagai berikut:

Berhubung saya tidak menemukan penjual di Indonesia yang menjual card tersebut akhirnya saya membeli online di ebay. Harga pada saat beli 26,99 US $ free ongkos kirim ke Indonesia. Tepat 14 hari setelah transaksi, barang sampai di alamat saya dengan aman. Cukup cepat dibandingkan saat saya beli Radio Scanner dulu yang memakan waktu sekitar 1 bulan, tapi mungkin wajar saja ya karena posisi seller modul WWAN di Hongkong sedang posisi seller Radio Scanner di USA.

Nah berikut ini sedikit tutorial untuk instalasi modul WWAN tersebut, referensi yang saya ambil adalah sebuah video tutorial dari Youtube yang akan saya taruh di bagian akhir tulisan ini.

• Non aktifkan baterai internal dengan cara masuk ke pengaturan di BIOS.
  • Buka tutup/cover bawah laptop dengan cara melepas 8 buah sekrup dan baterai eksternal laptop. Setelah terbuka akan terlihat seperti ini.

• Perhatikan posisi kabel-kabelnya, jangan sampai tertukar ya

• Tancapkan card ke slotnya dan kencangkan dengan sekrup yang ada. Setelah itu hubungkan kabel Coklat dan Biru. Jangan sampai terbalik !

• Rapikan posisi kabel, setelah itu pasang kembali cover bawah laptop.
  • Colokkan charger laptop terlebih dahulu, setelah itu baru nyalakan laptop Anda.
  • Install driver modul WWAN yang dapat Anda unduh di website resmi Lenovo.
  • Setelah driver terinstall maka secara otomatis koneksi WWAN akan terdeteksi di laptop. Jangan lupa masukkan sim card dulu ke tray SIM Card di sisi kanan laptop Anda.

Gampang bukan, semoga bermanfaat 🙂

Optimasi Rute Mudik Kereta Api Jakarta ke Yogyakarta

Alhamdulilah, tidak terasa sudah 1 bulan saya menjadi warga ibu kota untuk menjalani tugas belajar mengambil gelar master di Universitas Indonesia. Karena sementara ini banyak waktu luang (kuliah dihabiskan Rabu sd Kamis) maka hampir tiap minggu saya mudik ke Jogja.

Sebetulnya banyak alternatif moda transportasi yang dapat dipilih: pesawat, kereta api atau bus. Namun saat ini saya lebih sering memilih menggunakan jasa kereta api karena selain lebih murah dibanding pesawat juga pelayanan PT Kereta Api Indonesia saat ini sudah cukup baik.

Yang menjadi masalah buat saya sebetulnya adalah pemilihan jadwal kereta nya. Tidak bisa ambil jadwal Kamis malam karena kegiatan kuliah saya sampai dengan jam 22 sementara kereta api terakhir tujuan Yogyakarta berangkat pukul 22 (Senja Utama Solo). Kalau ambil kereta api Jumat pagi (Fajar Utama, Argo Dwipangga atau Taksaka Pagi) maka pasti akan melewatkan ibadah sholat Jumat. Mau ambil kereta api Jumat sore atau malam (Bima, Gajayana, Senja Utama, Argo Lawu atau Taksaka Malam) maka akan rugi waktu 1 hari. Untuk itu saya mencoba melakukan optimasi pemilihan rute yang bisa mengakomodasi semuanya (ibadah sholat Jumat dan waktu yang tidak terbuang) sebagai berikut:

1. Ambil kereta Kutojaya Utara rute Pasar Senen tujuan Purwokerto. Kereta ini berangkat dari stasiun Pasar Senen pukul 05.30 dan tiba di stasiun Purwokerto pukul 10.50. Masih ada spare waktu 40 menit masuk ke waktu Dhuhur. Sholat Jumat dapat dilakukan di masjid dekat stasiun Purwokerto. Oya, Kutojoyo Utara adalah kereta api kelas ekonomi dengan harga tiket Rp. 110.000, tapi jangan takut naik kereta kelas ekonomi ya karena kereta api kelas ekonomi sekarang jauh berbeda dengan jaman saat saya masih kuliah dulu dimana udah panas penumpang ditumpuk seperti ikan sarden dan pedagang asongan bebas keluar masuk menjajakan dagangannya. Sangat tidak nyaman. Kalau sekarang gerbong ber-AC, penumpang dapat tempat duduk masing-masing dan tidak ada pedagang yang mengganggu. Cukup nyaman. Makanan di resto kereta ini juga lumayan enak lho.
  2. Ambil kereta Purwokerto tujuan Yogyakarta, ada 2 pilihan terbaik: Argo Dwipangga berangkat pukul 12.58 tiba 15.35 atau Taksaka Pagi berangkat pukul 14.00 tiba di Yogyakarta 16.32. Keduanya adalah kereta kelas eksekutif dengan harga tiket antara Rp. 195.000 sd Rp. 285. 000 tergantung sub kelas yang tersedia.

Sebenarnya kalau mau melanjutkan dengan kereta kelas ekonomi juga bisa yaitu kereta Gaya Baru namun harus menunggu  sampai pukul 16.15 atau bisa juga melanjutkan dengan bus atau Travel yang banyak tersedia. Namun berdasarkan penelitian saya (belum dibuktikan)  jadwal Travel Purwokerto tujuan Jogja tidak ada yang berangkat antara pukul 13 sd 15 sehingga kita tiba di Jogja estimasi sudah malam hari. Sehingga rute terbaik menurut saya adalah seperti di atas.

Silakan kalau rekan-rekan ada rute atau moda lain yang lebih baik (efisien dan ekonomis yaa) bisa turut dishare sehingga bisa menjadi tambahan referensi buat mudikers Jakarta-Jogja..

(Ditulis di atas kereta api Kutojaya Utara Gerbong 6-22B)

Pengalaman Mengikuti Tes Masuk Magister (S2) UI

Tanggal 31 Juli 2016 yang lalu saya berkesempatan mengikuti ujian seleksi masuk Program Magister (S2) Universitas Indonesia. Berikut ini detailnya mudah-mudahan ada manfaatnya buat rekan-rekan yang hendak mengikuti tes serupa.

• Akses Lokasi Ujian

Lokasi pelaksanaan ujian di Kampus UI Depok (bukan di Salemba) sehingga bagi peserta dari luar kota sebaiknya sudah berada di lokasi dekat ujian paling lambat H-1 untuk mengantisipasi kondisi lalu lintas yang tentu saja sangat macet. Bagi peserta dari luar pulau Jawa seperti saya ini maka setelah mendarat di Bandara Soekarno Hatta Anda dapat menggunakan taksi atau kalau mau lebih ngirit menggunakan Bus Hiba Utama tujuan Depok dengan ongkos Rp. 60.000. Anda dapat turun di tujuan akhir Terminal Depok atau bisa juga juga di Jalan Margonda yang lebih dekat ke lokasi kampus UI, estimasi waktu perjalanan dari Bandara menuju Depok sekitar 2 – 3 jam.

Banyak penginapan murah meriah di sekitar situ, kalau mau yang hotel mewah juga ada seperti Margo Hotel, Santika Hotel, dll. Minta aja diantar sama tukang ojek atau kalau saya lebih suka menggunakan jasa ojek online (Grab Bike/Go-Jek). H-1 sebaiknya digunakan untuk melihat lokasi ujian untuk dapat mengukur waktu untuk menuju lokasi, saat itu saya menginap di penginapan/guest house di Jalan Margonda dekat Margonda City dan dengan menggunakan jasa Grab Bike lokasi ujian bisa saya tempuh dalam waktu 15 menit.

• Materi Ujian

UJian dibagi menjadi 2 sesi, yaitu:

• 07.30 – 09.30 : Test Potensi Akademik (TPA) (Jumlah soal saya lupa, kalau ga salah 120 soal)
  • 10.30 – 12.00 : Bahasa Inggris (jumlah soal 90 soal)

Tips:

1. Menurut saya materi TPA cukup sulit, terutama soal-soal matematika nya sehingga sangat disarankan Anda banyak-banyak berlatih sebelumnya.
  2. Harap berhati-hati dalam mengerjakan TPA, karena apabila jawaban salah akan mendapat minus 1.
  3. Untuk Test Bahasa Inggris tidak ada bagian listening namun banyak soal-soal structure/grammar dan bacaan yang panjang yang cukup menyulitkan. Namun untuk test Bahasa Inggris tidak ada nilai pengurang untuk jawaban yang salah sehingga sebaiknya kita isi semua.
  4. Siapkan Kartu tanda peserta ujian dan kartu tanda pengenal yang dipakai untuk pendaftaran dulu.
  5. Bawa alat tulis yang cukup (pensil 2B dan karet penghapus), ballpoint untuk tanda tangan daftar hadir dan penggaris kecil untuk menyobek lembar jawaban dari berkas soal.
  6. Jangan membawa peralatan yang tidak perlu atau masukkan ke dalam tas, seperti ponsel, jam tangan, dll. Nantinya semua tas akan dikumpulkan di depan.
  7. Sarapan pagi yang cukup karena test akan cukup menguras energi.
  8. Dan terutama yang pertama jangan lupa berdoa dulu ya 🙂

• Pengumuman Hasil Ujian

Hasil ujian diumumkan 2 minggu setelah pelaksanaan ujian di website resmi penerimaan.ui.ac.id dengan memasukkan No Ujian kita.

S2 UI

Selamat mencoba, semoga berhasil.. 🙂

Simulasi Fenomena Transien pada Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Air Turbin Francis

Dalam sistem interkoneksi antar berbagai pembangkit listrik, dimana perubahan beban listrik dari konsumen sangat bervariasi, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dapat digunakan sebagai cadangan yang dapat diandalkan karena karakteristik PLTA yang dapat mengatur perubahan output sesuai kebutuhan dalam selang perubahan yang sangat besar, yaitu dari beban nol sampai beban maksimum.
Perubahan beban pada PLTA mengakibatkan perubahan frekuensi listrik yang seharusnya selalu dijaga konstan. Untuk itu putaran generator perlu diatur supaya selalu berputar pada kecepatan konstan. Pengontrolan ini dilakukan oleh governor dengan cara mengatur bukaan katup untuk mengatur debit air yang masuk ke turbin. Perubahan bukaan katup ini akan mengakibatkan terjadinya efek water hammer berupa fluktuasi gelombang tekanan pada seluruh jaringan instalasi pipa, yang apabila terlalu besar akan mengakibatkan kerusakan pada peralatan.
Untuk itu dibuat suatu program simulasi komputer yang dapat mensimulasikan kondisi transien yang terjadi. Dari hasil simulasi dapat diketahui kenaikan tekanan maksimum yang terjadi beserta lokasinya sehingga dapat dihitung dimensi pipa yang sesuai.

Berikut ini merupakan tulisan lengkap saya yang merupakan Tugas Akhir Sarjana di Depertemen Teknik Mesin ITB tahun 2003 yang lalu. Silakan dapat diunduh secara bebas dan gratis. Semoga bermanfaat..

Tugas Akhir S1 Teknik Mesin ITB

Cara install banyak driver dengan satu klik

Menyambung tulisan terdahulu, yaitu cara downgrade dari Windows 10 ke Windows bawaan, dimana pada saat proses downgrade atau install ulang sistem operasi ke dalam laptop kita tersebut maka kita diharuskan menginstall ulang driver-driver laptop dan aplikasi-aplikasi yang sudah kita install sebelumnya. Bayangkan kalau ada 10 atau 20 driver dan 5 atau 1o aplikasi  yang harus kita install ulang maka akan sangat merepotkan apabila kita harus menginstal satu demi satu..😂😂

Ada salah satu cara sederhana untuk membuat satu tool yang akan membantu menginstall semua driver/aplikasi tersebut dengan 1 klik! Yaitu dengan cara membuat batch file dengan menggunakan aplikasi notepad bawaan Windows. Berikut caranya:

• Buat 1 buah Folder dan 1 buah sub folder di Windows Explorer. Tempatkan semua driver/aplikasi ke dalam sub folder tersebut. Sebagai Contoh di sini saya membuat sebuah folder dengan nama Essensial dan sub folder dengan nama Driver dan menaruh 14 file driver di dalam sub folder Driver tersebut.

Folder

• Buka Aplikasi Notepad, dan tuliskan kode sebagai berikut. Jumlah baris dalam kode tersebut sesuai dengan jumlah driver/aplikasi yang akan kita install. Simpan file tersebut dengan ekstensi .bat, nama file terserah Anda. Harap diperhatikan type file harus All Files (*.*), bukan default file Text Document (*.txt) dari Notepad. Sebagai contoh di sini saya membuat batch file dengan nama Driver T430.bat di dalam folder Essensial.

save as

• File batch sudah selesai, kita tinggal klik file Driver T430.bat tersebut maka selanjutnya proses instalasi driver/aplikasi akan dimulai.