Pemasangan filter air FRP 1054 dan Cartridge 20 inchi untuk mengatasi kandungan zat besi tinggi pada air sumur

Saat ini saya tinggal di kota Depok, tepatnya di kawasan Cagar Alam Pancoran Mas. Lingkungannya masih hijau karena berdekatan dengan taman hutan raya. Untuk keperluan air bersih sehari-hari (selain untuk air minum dan masak) kami menggunakan air sumur bor. Sepintas airnya nampak jernih namun setelah diendapkan selama 1 – 2 malam maka akan timbul endapan coklat kekuningan pada wadah air. Berdasarkan literatur yang saya baca, air sumur bor tersebut mengandung zat besi yang tinggi. Untuk menyaring kandungan zat besi tersebut diperlukan filter air di instalasi air sumur bor tersebut. Berdasarkan informasi yang saya dapat ada banyak metode penyaringan dan di pasaran telah tersedia banyak variasi filter mulai harga ratusan ribu rupiah sampai dengan jutaan rupiah, tinggal kita pilih sesuai keperluan kita.

Dengan beberapa pertimbangan akhirnya saya memilih instalasi filter air seperti yang saya gambarkan dalam diagram sederhana berikut:
Filter Air Rumah CA

A.  TABUNG FILTER FRP 1024

Berupa tabung dengan material FRP (fibreglass reinforced plastics) adalah konstruksi material komposit modern untuk peralatan pabrik kimia, air minum seperti tanki atau tabung.

Mempunyai ukuran diameter tabung sebesar 10 inchi (25 cm) dan panjang/tinggi 54 inchi (137 cm) dan biasanya diisi dengan media filter seperti pasir silika, karbon aktif, ferrolite, resin, manganese greensand dan lain-lain. Tabung dilengkapi dengan kepala FRP atau yang biasa disebut dengan kran 3 way valve yang mempunyai 3 posisi handel yaitu :

  • Filter : Pindahkan posisi handle kearah ini untuk melakukan pemfilteran air secara normal
  • Backwash : Pindahkan posisi handle kearah ini untuk melakukan Backwash atau pencucian media
  • Fast Rinse : Pindahkan posisi handle kearah ini untuk melakukan pencucian kotoran/kerak yang melekat di dalam saluran pipa atau untuk pencucian media

Tabung FRP 1054 yang saya pasang terdiri dari dua tabung, yaitu:

  1. Tabung A, berisi:
    1. Manganese (Manganese Greensand), adalah untuk menghilangkan kandungan Mangan dan lapisan atas berminyak di dalam air.
    2. Pasir Zeolit, adalah produk tambang berfungsi untuk meningkatkan kadar oksigen, memberikan segar dalam air dan menyerap zat kapur ringan dalam air. Mampu menyaring besi namun dalam jumlah tidak banyak. Sering digunakan dalam aquarium dan penjernihan air.
  2. Tabung B, berisi Karbon aktif adalah produk olahan dari arang batok kelapa, kelapa sawit atau batu bara yang berfungsi untuk menyerap bau, menghilangkan warna kuning dan unsur yang merugikan di dalam kandungan air. Karbon aktif atau active carbon memiliki daya serap yang tinggi dan mudah menjernihkan air.

B. HOUSING FILTER 20 INCHI

Berupa cartridge filter yang dimasukkan ke dalam housing filter. Di pasaran biasanya tersedia ukuran 10 inchi dan 20 inchi dan yang saya pasang adalah cartridge dan housing dengan ukuran 20 inchi. Ada 2 buah housing filter yang saya pasang dengan isi cartridge sebagai berikut:

  1. Tabung A, berisi Cartridge CTO

Cartridge CTO atau biasa disebut karbon blok adalah cartridge yang dapat diisi ulang yang berfungsi untuk menyerap atau menghilangkan air yang berbau, bau klorin atau bau kaporit. Cartridge CTO ini terbuat dari bahan karbon aktif.

  1. Tabung B, berisi Cartridge Spun

Cartridge spun at au biasa disebut Cartridge sedimen atau PP adalah cartridge filter yang terbuat dari spun (Polypropylene/PP) yang dapat diisi ulang yang berfungsi untuk menyaring atau memfilter air dari kandungan lumpur, pasir, tanah sehingga menghasilkan air jernih bebas dari pencemaran lumpur. Untuk itu diperlukan perawatan untuk membersihkan kembali lumpur atau tanah atau pasir yang tersangkut di permukaan spun. Perawatan ini dapat dilakukan sebulan sekali atau bila dilihat sudah menghitam. Ada beberapa ukuran filter spun yang menyatakan kerapatan filter, yaitu 1 mikron, 3 mikron dan 5 mikron. Semakin kecil kerapatan filter maka akan semakin mampu menyaring kotoran. Disini saya menggunakan jenis cartridge spun 5 mikron jenis benang yang meskipun harganya lebih mahal namun dapat dicuci ulang sampai beberapa kali.

INSTALASI

Berikut ini gambar pemipaan instalasi filter di atas:

Instalasi Air bersih

Ket Gambar

Saat operasi NORMAL posisi Check Valve adalah:

CV1: OPEN   CV2: OPEN   CV3: CLOSE  CV4: OPEN   CV5: OPEN   CV6: CLOSE

Fungsi dari Water mur sendiri adalah untuk melepas filter dari instalasi pemipaan saat diperlukan (misalnya service atau penggantian media) tanpa harus membongkar instalasi pemipaan. Sedangkan fungsi CV3 dan CV6 diperlukan saat filter mengalami kerusakan sehingga aliran dapat langsung di bypass tanpa melalui filter.

Setelah saya pasang instalasi filter filter tersebut, alhamdulillah air sumur bor menjadi lebih jernih tidak ada endapan coklat kekuningan lagi. Dipakai untuk mandi jauh lebih segar dan bersih. Untuk perawatan filter tersebut saya lakukan backwash media FRP 1054 sekali dalam seminggu dan untuk cartridge dilakukan pencucian apabila sudah terlihat kotor (spun benang) atau penggantian (CTO). Berikut foto instalasi filter air.

Foto Filter AIr CA_2

Keterangan: instalasi terlihat kurang rapi karena keterbatasan space, sengaja filter ditaruh di lantai 2 tidak saya taruh di atas dekat tandon air untuk alasan kemudahan perawatan. Tandon air dan booster pump tidak terlihat karena berada di atas (di lantai dak atap rumah) dan jet pump sumur bor terletak di bawah (lantai 1).

Iklan

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s