Optimasi Rute Mudik Kereta Api Jakarta ke Yogyakarta

Alhamdulilah, tidak terasa sudah 1 bulan saya menjadi warga ibu kota untuk menjalani tugas belajar mengambil gelar master di Universitas Indonesia. Karena sementara ini banyak waktu luang (kuliah dihabiskan Rabu sd Kamis) maka hampir tiap minggu saya mudik ke Jogja. 

Sebetulnya banyak alternatif moda transportasi yang dapat dipilih: pesawat, kereta api atau bus. Namun saat ini saya lebih sering memilih menggunakan jasa kereta api karena selain lebih murah dibanding pesawat juga pelayanan PT Kereta Api Indonesia saat ini sudah cukup baik. 

Yang menjadi masalah buat saya sebetulnya adalah pemilihan jadwal kereta nya. Tidak bisa ambil jadwal Kamis malam karena kegiatan kuliah saya sampai dengan jam 22 sementara kereta api terakhir tujuan Yogyakarta berangkat pukul 22 (Senja Utama Solo). Kalau ambil kereta api Jumat pagi (Fajar Utama, Argo Dwipangga atau Taksaka Pagi) maka pasti akan melewatkan ibadah sholat Jumat. Mau ambil kereta api Jumat sore atau malam (Bima, Gajayana, Senja Utama, Argo Lawu atau Taksaka Malam) maka akan rugi waktu 1 hari. Untuk itu saya mencoba melakukan optimasi pemilihan rute yang bisa mengakomodasi semuanya (ibadah sholat Jumat dan waktu yang tidak terbuang) sebagai berikut:

  1. Ambil kereta Kutojaya Utara rute Pasar Senen tujuan Purwokerto. Kereta ini berangkat dari stasiun Pasar Senen pukul 05.30 dan tiba di stasiun Purwokerto pukul 10.50. Masih ada spare waktu 40 menit masuk ke waktu Dhuhur. Sholat Jumat dapat dilakukan di masjid dekat stasiun Purwokerto. Oya, Kutojoyo Utara adalah kereta api kelas ekonomi dengan harga tiket Rp. 110.000, tapi jangan takut naik kereta kelas ekonomi ya karena kereta api kelas ekonomi sekarang jauh berbeda dengan jaman saat saya masih kuliah dulu dimana udah panas penumpang ditumpuk seperti ikan sarden dan pedagang asongan bebas keluar masuk menjajakan dagangannya. Sangat tidak nyaman. Kalau sekarang gerbong ber-AC, penumpang dapat tempat duduk masing-masing dan tidak ada pedagang yang mengganggu. Cukup nyaman. Makanan di resto kereta ini juga lumayan enak lho. 
  2. Ambil kereta Purwokerto tujuan Yogyakarta, ada 2 pilihan terbaik: Argo Dwipangga berangkat pukul 12.58 tiba 15.35 atau Taksaka Pagi berangkat pukul 14.00 tiba di Yogyakarta 16.32. Keduanya adalah kereta kelas eksekutif dengan harga tiket antara Rp. 195.000 sd Rp. 285. 000 tergantung sub kelas yang tersedia. 

Sebenarnya kalau mau melanjutkan dengan kereta kelas ekonomi juga bisa yaitu kereta Gaya Baru namun harus menunggu  sampai pukul 16.15 atau bisa juga melanjutkan dengan bus atau Travel yang banyak tersedia. Namun berdasarkan penelitian saya (belum dibuktikan)  jadwal Travel Purwokerto tujuan Jogja tidak ada yang berangkat antara pukul 13 sd 15 sehingga kita tiba di Jogja estimasi sudah malam hari. Sehingga rute terbaik menurut saya adalah seperti di atas. 

Silakan kalau rekan-rekan ada rute atau moda lain yang lebih baik (efisien dan ekonomis yaa) bisa turut dishare sehingga bisa menjadi tambahan referensi buat mudikers Jakarta-Jogja..



(Ditulis di atas kereta api Kutojaya Utara Gerbong 6-22B)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s