Cara install banyak driver dengan satu klik

Menyambung tulisan terdahulu, yaitu cara downgrade dari Windows 10 ke Windows bawaan, dimana pada saat proses downgrade atau install ulang sistem operasi ke dalam laptop kita tersebut maka kita diharuskan menginstall ulang driver-driver laptop dan aplikasi-aplikasi yang sudah kita install sebelumnya. Bayangkan kalau ada 10 atau 20 driver dan 5 atau 1o aplikasi  yang harus kita install ulang maka akan sangat merepotkan apabila kita harus menginstal satu demi satu..๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Ada salah satu cara sederhana untuk membuat satu tool yang akan membantu menginstall semua driver/aplikasi tersebut dengan 1 klik! Yaitu dengan cara membuat batch file dengan menggunakan aplikasi notepad bawaan Windows. Berikut caranya:

  • Buat 1 buah Folder dan 1 buah sub folder di Windows Explorer. Tempatkan semua driver/aplikasi ke dalam sub folder tersebut. Sebagai Contoh di sini saya membuat sebuah folder dengan nama Essensial dan sub folder dengan nama Driver dan menaruh 14 file driver di dalam sub folder Driver tersebut.

Folder

  • Buka Aplikasi Notepad, dan tuliskan kode sebagai berikut. Jumlah baris dalam kode tersebut sesuai dengan jumlah driver/aplikasi yang akan kita install. Simpan file tersebut dengan ekstensi .bat, nama file terserah Anda. Harap diperhatikan type file harus All Files (*.*), bukan default file Text Document (*.txt) dari Notepad. Sebagai contoh di sini saya membuat batch file dengan nama Driver T430.bat di dalam folder Essensial.

save as

  • File batch sudah selesai, kita tinggal klik file Driver T430.bat tersebut maka selanjutnya proses instalasi driver/aplikasi akan dimulai.

Tampilan Akhir

  • Sangat sederhana bukan? ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜š
  • Selamat mencoba ๐Ÿ˜Ž

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s