Cara downgrade Win 10 ke Win 7 di Lenovo Thinkpad T430

Laptop saya, Thinkpad T430, dari pabrikannya dibekali dengan Sistem Operasi Windows 7 Profesional. Laptop ini sangat enak dipakai untuk bekerja, desainnya kokoh dan nyaman dipakai sehari-hari. Beberapa waktu yang lalu saat sistem operasi Windows 10 secara komersial mulai diperkenalkan, User sistem operasi Windows versi sebelumnya mendapatkan tawaran upgrade ke Windows 10 secara gratis. Tertarik dengan tawaran itu saya mencoba untuk upgrade sistem operasi laptop saya dari Windows 7 Profesional ke Windows 10. Proses upgrade berjalan lancar dan setelah upgrade selesai kita diberi waktu selama 1 bulan untuk mencoba sistem operasi baru tersebut. Apabila merasa tidak puas dan pengen balik ke Windows sebelumnya maka masih dapat dilakukan dengan mudah. Namun apabila kita melewati batas 1 bulan tersebut, kita tidak dapat balik lagi ke Windows lama secara gampang.Windows 10 secara permanen akan menjadi sistem operasi laptop kita, tidak ada opsi lagi untuk kembali ke Windows sebelumnya, kecuali dengan cara instal ulang.

Setelah beberapa bulan menggunakan sistem operasi Windows 10 saya merasa lebih nyaman menggunakan Windows 7. Bisa jadi dikarenakan laptop saya didesain optimal dengan sistem operasi Windows 7 sehingga saat menggunakan Windows 10 ada beberapa fitur yang hilang seperti fitur logon dengan sidik jari serta saya merasa kinerja laptop saya menurun. Untuk itu saya berencana mengembalikan lagi Thinkpad saya ke Windows 7. Beruntunglah setiap Thinkpad dibekali dengan fitur media recovery sehingga saya tinggal booting dengan media recovery tersebut dan proses recovery akan berjalan dengan sendirinya. Alangkah baiknya sesaat setelah kita membeli laptop baru kita membuat media recovery sendiri, baik dalam media DVD dan atau USB. Media recovery ini akan sangat berguna saat laptop kita mengalami permasalahan/crash. Di setiap laptop disediakan tools untuk membuat media recovery sendiri.

Disini yang akan saya share adalah bukan cara membuat media recovery, tetapi cara restore laptop kita menggunakan media recovery. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masukkan DVD recovery disk#1 atau USB recovery.
  • Masuk ke menu Bios dengan cara restart laptop dan saat booting terus menekan tombol F1 sampai masuk menu Bios.
  • Masuk ke menu pengaturan booting, DVD ROM dan atau USB pada poin 1 di atas akan muncul. Taruh di posisi paling atas. Pada kasus dibawah ini taruh no. 7 atau no. 4 ke posisi paling atas. Tekan F10 dan booting ulang laptop kita.

Boot

 

  • Akan muncul tampilan seperti ini. Artinya recovery media bekerja dengan baik. Pilih Custom (advanced)

Pilih disk Primary.

Proses copy file dan instalasi mulai jalan.

Tunggu sampai selesai.

Proses instalasi driver dan aplikasi dasar.

Tunggu sampai selesai. Nanti laptop kita beberapa kali akan mengalami restart dan kita diminta mengisi/memilih beberapa pengaturan. Ikuti saja tampilan di layar. Setelah semuanya selesai maka laptop kita akan tampil kembali seperti baru, kita tinggal instal driver pendukung dan aplikasi-aplikasi yang kita inginkan.

Untuk semua driver bisa kita unduh di sini.

  • Nah selesai lah proses recovery, laptop akan kembali ke sistem dan kondisi awal, sama seperti saat kita membeli dulu.
  • Sangat mudah dan sederhana bukan, selamat mencoba..😊

 

Iklan

Satu tanggapan untuk “Cara downgrade Win 10 ke Win 7 di Lenovo Thinkpad T430

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s