Transfer phonebook (kontak) dari Blackberry 9780 (Onyx2) ke Nokia E6-00

Nokia E6-00 a.k.a Dilbert adalah salah satu ponsel Nokia seri E yaitu seri yang biasanya ditujukan untuk segmen bisnis, suksesor dari seri E51 dan E71. E6-00 dipersenjatai dengan operating system Symbian terbaru, yaitu Symbian ^3 dengan update terbaru PR 3.0 atau Symbian Belle.

Blackberry 9780 a.k.a Onyx2 adalah salah satu keluarga Blackberry seri Bold, penerus dari Blackberry 9700 (Onyx) dan sekarang sudah ada penerusnya yaitu Blackberry 9790 (Onyx3). Seperti halnya ponsel-ponsel Blackberry lainya Onyx2 ini menggunakan operating Blackberry sendiri yaitu Blackberry OS dengan versi defaultnya versi 6.

Ok deh, dalam kesempatan ini saya tidak akan membahas mana yang lebih baik dari kedua ponsel ini, toh saya mempunyai kedua jenis ponsel ini hehe.. Menurut saya ponsel ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, saling melengkapi lah 🙂 Disini saya hanya akan berbagi bagaimana caranya mentransfer phone book (kontak) dari Onyx saya ke Nokia E6 saya. Untuk mentranfer kontak satu-persatu bisa digunakan dengan bluetooth, cuman kalau disuruh mindah seluruh isi phonebook rasanya harus dicari cara lain kecuali kita mau menghabiskan banyak waktu untuk memindahkan ratusan kontak satu-persatu 😀

 

Karena Nokia E6 tidak mempunyai fasilitas transfer kontak yang support ponsel Blackberry seperti halnya transfer kontak di Nokia Lumia, maka disini saya menggunakan cara yang terdiri dari 2 tahap:

TAHAP 1 Disini kita akan memindahkan seluruh isi phonebook dalam Onyx2 ke Microsoft Outlook di Notebook/PC. Hubungkan Blackberry 9780 ke Notebook/PC menggunakan Blackberry Desktop Software. Kemudian sinkronisasi data-data di Blackberry ke Notebook/PC (sebelumnya sudah diatur item-item apa saja yang akan disinkronisasi, apakan seluruh data atau item-item tertentu saja). Secara otomatis maka kontak dalam phone book Blackberry akan dicopy-kan ke kontak di Microsoft Outlook di Notebook/PC.

TAHAP 2 Disini kita akan memindahkan seluruh isi phonebook dalam Microsoft Outlook di Notebook/PC ke Nokia E6.  Hubungkan Nokia E6 ke Nokia Suite di Notebook (di sini saya menggunakan Nokia Suite versi 3.3). Kemudian sinkronisasi data-data di Nokia E6 dengan Notebook/PC (sebelumnya sudah diatur item-item apa saja yang akan disinkronisasi, apakan seluruh data atau item-item tertentu saja). Secara otomatis maka kontak dalam Microsoft Outlook akan dicopy-kan ke kontak di Nokia E6.

Dalam kedua tahap di atas arah sinkronisasi kontak dapat diatur sebagai berikut:

  1. Untuk Tahap 1, arah sinkronisasi dari ponsel ke PC, artinya data kontak yang ada di Microsoft Outlook akan diperbaharui berdasarkan data kontak yang ada di Blackberry.
  2. Untuk Tahap 2, arah sinkronisasi dari PC ke ponsel, artinya data kontak yang ada di Nokia E6 akan diperbaharui berdasarkan data kontak yang ada Microsoft Outlook.

Untuk pengaturan hal tersebut silakan buka di pengaturan sinkronisasi di Desktop Manager/Nokia Suite.

Selamat mencoba 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s