Mengatasi AC bocor keluar air pada bagian Indoor-nya

Beberapa hari yang lalu AC (Air Conditioner) rumah saya mengalami kebocoran pada unit indoornya, yaitu apabila dioperasikan akan keluar air menetes ke bawah. Cara sederhana untuk mengatasinya ya dengan cara menaruh ember di bawah untuk menampung tetesan-tetesan air tersebut, hehe.. Namun makin lama tetesan-tetesan yang timbul makin banyak dan menjengkelkan, disamping itu cara mengatasi dengan menaruh ember koq kesannya kampungan banget haha..

Sebenarnya gampang saja, tinggal panggil tukang service AC pasti beres.. Namun saya pengen mencoba mengatasi sendiri dulu, kalau sudah angkat tangan baru panggil tukang AC. Berbekal browsing di dunia maya (thanks to internet..hehe) saya mendapat informasi bahwa masalah kebocoran air pada unit Indoor AC terjadi apabila pipa drain/pembuangan air kondensat buntu/tersumbat oleh kotoran, bisa dari debu, bedak, hair spray atau kotoran lain. Sebenarnya air kondensat yang terjadi adalah hal yang wajar, karena udara yang mengenai pipa/sirip yang temperaturnya lebih dingin dari udara akan mengalami kondensasi. Untuk itulah pada konstruksi AC disediakan lubang dan pipa pembuangan air kondensat, masalah timbul apabila lubang/pipa drain tersebut tersumbat/buntu!!

Dari hasil browsing tadi juga diketahui cara paling mudah untuk mengatasi lubang drain yang tersumbat tadi dapat dilakukan dengan cara menyemprot pipa pembuangan air dari bawah (dengan konsekuensi rangkaian elektrik AC bisa short terkena air). Cara yang lebih aman tentunya dengan menyemprot pipa pembuangan air dari atas (unit indoor AC), cara ini lebih repot karena harus membuka cover unit Indoor AC.

Akhirnya cara ke-2 yang saya ambil, yaitu menyemprot pipa pembuangan air dari atas (unit indoor AC). Langkah-langkah yang saya lakukan sebagai berikut:

  1. Membaca manual book dari AC tentang bagaimana cara membuka cover unit Indoor. Membaca manual book ini sangat penting karena bisa jadi ada beberapa baut yang posisinya tersembunyi. Kebetulan AC saya adalah merk Sharp Plasmacluster 1/2PK, dimana untuk membuka cover harus melepas 2 buah baut yang tertanam di bagian dalam.
  2. Kalau perlu cabut steker sumber listrik atau sekering untuk lebih aman.
  3. Buka tutup cover sesuai petunjuk dalam manual. Gambar ini menunjukkan cover sudah terbuka.
  4. Cari lubang drain air kondensat, posisinya agak tersembunyi. Kalau sudah ketemu pasang selang kecil (selang yang saya pakai selang untuk aki sepeda motor) seperti gambar berikut.
  5. Semprot/tiup selang tadi menggunakan air, gampangnya kita kumur-kumur pake air (baiknya air minum jaga-jaga kalau tidak sengaja tertelan hehe,,) lalu airnya kita semprotkan ke selang yang kita pasang tadi. Ulangi beberapa kali sampai yakin kotoran yang menyumbat sudah bersih. Bila kita lihat pipa drain di bawah akan terlihat gumpalan kotoran yang menyumbat lubang pembuangan air kondensat.
  6. Setelah selesai rakit kembali unit Indoor.
  7. Bonus: dengan membuka cover unit Indoor kita akan bisa sekalian membersihkan saringan udara dan kisi-kisi evaporator.

Selamat mencoba… 🙂

126 tanggapan untuk “Mengatasi AC bocor keluar air pada bagian Indoor-nya

  1. Terimakasih infonya…..coba dipraktekan aja…..soalnya AC dirumah masalahnya sama…….sekali lagi trims……….

  2. Gan, mau tnya ac saya juga sharp 1/2pk seperti diatas, setelah saya cuci dan tambah freon, lampu indoor yang gambar jam kenapa menyala ya? pdhal sebelumnya tidak pernah menyala, sedangkan saya tidak menyalakan timer. terima kasih gan

  3. pak kenapa ya ac saya kalo siang suka panas padahal udh nambahan freon dan service tapi masih aja panas kenapa ya?
    trus suka bocor indoor nya tpi kdg sk ngga? g ngerti knp pak

  4. sudah 4 hari ac sy bocor…sy iseng serching d google..artikel pertama yg sy temukan disini…thanks sharingx berkat artikel anda ac sy sudah baik..sangat bermanfaat

  5. TRimakasih infonya, barusan saya tiup pake mulut saja. lgs berhenti netes yang di dalemnya dan sudah normal lagi, ga tau nanti kalao mulai lagi

  6. Sedot pake vakum cleaner gan…dari selang pembuangan air…sy dah coba joss hasilnya
    Tapi kalo saluran air selangnya nggantung di gedung bisa coba tips diatas boleh juga selang isap air td di ganti pake sedotan plastik(pipet limun) dan jgn lupa sekalian bersihin filter ac nya
    Ini artikel mantap thanks infonya…tukang servis ac yg lebih banyak boongnya ga pernah datang lg ke rumah udah 2 taonan lebih masa cuma cuci steam in/outdoor alasan freon berkurang perlu + dikit mintanya rp218 ribu gan..mana pake listrik n air sy lagi pdhl unit in/ out bisa dijangkau hanya dgn menggunakan kursi plastik saja…ga perlu manjat2…ayo cerita dong pengalamanmu

  7. wah… makasih gan infonya…. two thumbs up !!

    tukang service ac sebenarnya ada beberapa type :
    1. pinter dan jujur
    2. pinter tapi nipu
    3. pinter ga … bodo ga…sedang…
    4. bodo tapi pura2 pinter.. dia sebenarnya ga ngerti teknik..akhirnya nyerah
    5. bodo dan bikin ac tambah rusak…

  8. Thanx sobat, info nya, tadi malam barusan ac saya keluar air,dahh kayak keran bocor ngucur truss, sy tlpn t.service, besok dia datang nya, langsung sy browsing nemu dahh , langsung penyakit nya,, sy coba sodok2 lubang pembuanggan air ac nya pake lidi + sy tiup selang dr bawah,, langsung keluar kotoran nya,, mantabb makasih sobat info nya

  9. Ngakak juga baca komen2nya….but hey…it works…ac kosan netes ngocor, barusan nyoba tiup, sedot plus kumur2 lewat selang buang ampe keselek hawa ac. kotoran kesembur balik nembus ke dalam ruangan. Daaannn berhasil….mantap masukan agan2 smua. *masih netes dikit2 lah….thanx sangat bermanfaat.

  10. Alhamdulillah.. Semalem langsung gerilya ngikutin tips diatas, walaupun postingan jadul.. Tapi masih bermanfaat sampe sekarang.. Tapi anak istri udah keburu ngungsi takut bocah nangis kepanasan.. Wkkwkk. Thanks gan…

  11. thx,,, untuk tipsnya……… AC d rmh sya memang bocor beberapa hr ini. klu kt sndiri bisa lakukan knp hrs pake tukag servis, krn T.servis AC yg biasa sy panggil suka bohong….. selalu suruh nambah freon, pdhal masih dingin banget & baru 3bln lalu +freon. trm kasih sekali lg….

  12. buka cover acnya yang gal bias sampe skrg. bautnya cuma ada di sebelah kanan itu ya om? atau ada dimana lagi ya? nyari di google gak ketemu2 udah 2 hari.

    1. Betul..karena malem saya gak mgkn bongkar2 ac akhirnya semprot dr selang keluaran…lumut keluar semua..ac gak bocor lg…thx infonya

  13. Alhamdulillah suwer kewer-kewer udah aku coba ternyata muantap dan sekarang aku udah gak pakai baskom lagi untuk mengatasi AC yang bocor.

  14. jadi penasaran….cek sendiri masalahnya kalo tukang ac banyak yg
    sambil coba2….sperti pengalaman saya…katanya cek freon eh malah kurang dingin padahal tadinya normal…tadinya minta di cuci doang…trus sirip pengarah anginya yg ke kiri kanan jdi gak jalan.jadi tinggal atas bawah….waduh….

  15. Makasih infonya sgt bermanfaat. Ac sy dah ga netes dan anak sy bs tidur nyenyak lg berkat sharing bpk… Repot kl bocor pas wiken tukangnya br mau dtg hr kerja. Ane beresin sendiri bdsk sharing nya. Lengkap ada fotonya lg. Jd ngga ragu2 buka ac sendiri.. Walau kesirem air dingin yg nampung di jalur airnya tp puass bgt. Kasusmya sama spt rekan2 lain.. Umumnya krn lendir/ lumut yg menumpuk di jalur buangan air atau pipa pembuangan di tembok. Stlh dibersihkan, wess bs tidur nyenyak tanpa bunyi kyk genteng bocor. 🙂

  16. Terimakasih infonya, AC rumah sudah aman dari tetesan air mata “AC papa Nangis”… Eniwe kalau tidak punya selang aki, dapat dimanfaatkan Sedotan Fleksibel yang berbentuk L,, alhasil Lancaaarrr Jaya…. Terimakasih semoga kebaikan bapak dibalas Tuhan YME

  17. Ada yang punya softcopy manual book AC sharp AH-AP5LSY ?
    saya muter-muter di web sharp kok manual type tersebut gak ada.
    lagi bingung cara buka covernya hehehe
    (baut dah dibuka tapi gak tau tarik kemana tuh cover biar lepas)

  18. ac saya keluar es batu dan tidak dingin sampai freon tinggal 20, lalu dilas di bagian indoornya tapi ttp tidak ingin. Dimana letak kerusakannya? apa benar indoornya hrs diganti?

  19. sudah 1 jam cari2 lubang pembuangan di Indoor nya susah, akhirnya coba diTiup dari arah sebaliknya / di Ujung selang pembuangan…. lancaar, bonus bersihin filter udara nya… hihihi…

  20. Saya pake AC merk Changhong, lubang pembuangan nya di sebelah kiri beda dengan yang di foto diatas. Kebetulan saya punya kompresor dirumah. Sudah saya bersihkan pake kompresor tersebut. Tapi pas saya nyala kan masih tetap netes air nya.

    Mohon bantuan nya buat pembaca semua

    Thx

  21. saya bingung cara ngeluarin debu dalem pipanya itu udh di tiup sama di goyang ga bisa cuman keluar dkit2 jadi masih rancu

  22. Terimakasih banyak pak, saya pake ac merek LG kebetulan posisi lubangnya di sekitar situ juga, saya sodok pake sedotan plastik yg biasa utk minum itu pak dan ternyata berhasil, rekan-rekan yg lain jika ingin pake sedotan silakan dicoba lumayan efektif

  23. aa klo mengatasi masalah AC casette merk panasonic timer aja gmn?yach padahal udah di cleaning tp tetap timer aja dan juga di settingan remotnya u/tmernya udah off jd gmn yach?tq

    1. Bang Daniel, saya pake ac sharp,setelah diservice rutin ,arm swing naik turunnya tidak mau berfungsi,kalau ac dimatikan arm swingnya jatuh dan tidak menutup(terbuka terus) padahal sebelum diservice berfungsi dgn baik. Tolong bang, bgmn mengatasinya. Tks.

  24. saya sudah berhasil copot cover ac..tapi gagal menemukan lubang pembuangan air kondesatnya…saya coba sedot air yang ada..tapi ac saya masih bocor..mohon bantuannya donk..lubang airnya disebelah mana yaaa ?? terima kasih

  25. terima kasih sharing dan info nya , inspiratif sekali.. semoga kebaikan anda dibalas oleh Tuhan YME, selalu sehat dan bahagia serta tetap berbuat baik ya teman ku… thanks…

  26. sudah saya sedot sampai tertelan airnya tapi mujarab air nggak bocor lagi….harus sampai tertelan airnya biar lancar pembuangannya….buktikan!!!!!

  27. Saya Punya AC seri PAC 05LDR, pada saluran pmbuangan lancar tidak ada penyumbatan lendir atau ktoran dan posisi pemasangan sudah benar tetapi pada unit indoor masih mengluarkan air, mohon solusinya?

    1. Untuk teman2 pengguna ac yang setia dan bersahabat kkalau ada masalah dgn ac anda bisa telp ke Daniel 021-71325135 atau biasa email
      Kita ahli dalam masalh tata udara,pemanas air electric,genset dll. pengalaman 15 tahun sejak tahun 1997 sampai sekarang.
      thank;s and sukses

  28. barusan saya sedot selang pembuangan pada mulut, berhasil tidak bocor lagi,, lendirpun keluar, apakah aman dengan cara ini ? apakah air dingin pembuangan mengandung bakteri atau cairan kimia yang berbahaya apabila disedot melalui mulut, soalnya kok mulut saya terasa sedikit rada aneh…

    1. Mas namanya juga saluran pembuangan..pasti kotor..sebaiknya gunakan alat pengisap buatan pabrik..atau buat alat penyedot dari bambu..prinsipnya kayak pompa ban yang manual tapi aplikasinya di balik..tinggal pasang selang seukuran pipa pembuangan..selang di lem di ujung bagian penghisap..dan ujung slang yg satunya di sambung ke pipa pembuangan..dan slanjutnya bentuk stik dari bambu dan ujung satunya dilingkari kain sampai seukuran lubang bambu yg pertama.kemudian operasikan..sedooooot mas..sluuùuuup..kluar deh…

  29. Wah, petunjuk yg sangat bermanfaat. Bolak-balik servis AC, masih bocor terus, akhirnya semalam coba2 sendiri, ga ada selang aki, saya pakai sedotan 🙂 Thanks ya Pak… Indahnya berbagi ilmu..

  30. JOJO BERBICARA:
    KLU AC KEKLUAR AIR PADA INDOOR X GAMPANG BERSIKANX TINGGAL KITA SEDOT SAJA LEWAT SELANG PEMBUANGANX , INI SDH TERBUKTI YNG PALING MUDAH KARNA SAYA SDH MEMBUKTIKAN WAKTU AC SAYA SEPERTI INI, JD TAK ADA YANG DI BONGKAR BONGKAR. SELAMAT MENCOBA

  31. rencananya gw mau nyoba nih besok, udah 2 hari ac gw bocor ga berenti2, padahal pipa pembuangan udah di sodok2 dah keluar lendir, udah disiram juga dan lancar jaya pas keluar, tapi tetep aja masih netes2 dari indoornya. doakan sukses ya hehe. trims buat tipsnya, berguna banget nih kalo lagi mau lebaran (tukang service ac pada mudik)

    1. @reza tanta. sama seperti yang saya alami, pipa udah dibersihkan namun unit indor masih ada yang netes. penyebabnya ternyata bukan hanya menempel pada pipa, tetapi terdapat lendir yang menutupi atau menempel pada jalur/jalan air pada unit indoor (semacam talang air lah kalo pada atap rumah). jalur ini mungkin tidak kelihatan kalo kita tidak melihat secara detail. biasanya terletak dibawah kisi-kisi evaporator dan di atas tempat berhembusnya ac. lihat artikel nomor 3, posisi indor sudah terbuka, selang aki sudah terpasang, disitu terdapat pemisah antara evaporator dan tempat berhembusnya ac (kira-kira selebar penggaris memanjang dari ujung kiri dan kanan ac).

      nah persis dibawah evaporator itulah air ac mengalir menuju ke lubang pembuangan. tempat tersebut biasanya luput dibersihkan oleh tukang ac karena letaknya tertutup cover plastik sebesar penggaris tadi. dan untuk membuka covernya saya tidak tahu tempatnya. namun bisa diakali dengan menggunakan jari untuk sekedar membuat celah pada cover tersebut. kemudian kita ganjal celah tersebut dengan obeng atau lainnya.

      nah dari celah tersebut, kita bisa mengetahui bahwa lendir-lendir banyak menempel pada jalur air ac tersebut. jadi walaupun pipa pembuangan sudah kita bersihkan, tetap aja bocor karena air ac tidak bisa mengalir menuju pipa pembuangan karena jalur air terhalang lendir. cara membersihkannya paling gampang dengan di steam biar lendirnya hilang, namun tidak semua orang punya alatnya.

      untuk membersihkan jalur air tersebut saya biasanya menggunakan pipet yang ujungnya bisa dibengkokkan (sedotan untuk minuman). kalo lendirnya gak parah, bisa ditiup dengan menggunakan pipet tersebut. kalo parah, kita sembur dengan air yang terlebih dulu dimasukkan kemulut kita kemudian kita semprotkan sekuat-kuatnya dengan menggunakan pipet tadi atau bisa juga lendir tadi kita sedot dengan pipet tersebut (jangan sampe tertelan ya). atau lakukan dengan menggunakan dengan kombinasi cara diatas karena biasanya lendir tersebut bandel nempelnya.

      lakukan dengan sabar jangan terburu-buru karena ada lendir yang tampak (hitam atau hijau) karena ada kotoran menempel dan ada juga yang bening. bisa jadi jalur air ac nampak bersih karena lendir yang hitam atau hijau sudah tidak nampak lagi namun tetap aja tersumbat karena lendir yang bening luput dibersihkan.

      setelah yakin bersih, tutup kembali cover ac. kemudian yang paling penting, sepanjang ac masih dingin tidak perlu di tambah freon. jadi, kita tidak perlu mengikuti saran tukang service ac harus sekian bulan sekali mengisi freon.

      so, bersihin dan merawat ac itu gak seribet yang kita bayangkan. gak perlu panggil tukang ac. kecuali kita tidak ada waktu untuk itu. dan saran saya, sebaiknya biasakanlah menghubungi service centre resmi yang disediakan oleh merk ac yang kita beli karena kita bisa memanfaatkan fasilitas garansi untuk beberapa kerusakan, apalagi kalo ac kita masih baru. apalagi sekarang service centre tersebut sudah menyediakan jasa panggil kerumah.

    2. Untuk teman2 pengguna ac yang setia dan bersahabat kkalau ada masalah dgn ac anda bisa telp ke Daniel 021-71325135 atau biasa email
      Kita ahli dalam masalh tata udara,pemanas air electric,genset dll. pengalaman 15 tahun sejak tahun 1997 sampai sekarang.
      thank;s and sukses

      1. Pak yg saya butuhkan tukang cuci anda bisa? Dari pada anda ngemeng di kacangin mendi g nyuci d rmh saya kebetulan ac saya ngacir

      2. teknisi ac memang banyak yang suka ngibul ( tidak semua), yang freon perlu diisi dll sebagainya. selama masih bisa diatasi sendiri kerjakan sendiri, puas rasanya bila berhasil.

  32. Alhamdulillah sangat bermanfaat info dari rekan2 netter.kebetulan saya memiliki ac yg sama dg topik yg dibahas kali ini dan dengan masalah yg sama pula.Cara yg saya lakukan adalah dg melepas sambungan selang dari evaporator(indoor) dg selang pembuangan air(biasanya selang plastik/pipa pvc),lalu saya sedot pake mulut saya(he..he..manual hati2 tersedak yah,debunya banyak bgt). Alhamdulillah bocornya berhenti seketika. Terima kasih teman2 atas bantuan kalian anak saya kembali tidur pulas.

  33. Mau tanya tentang cara lepas cover indoor ac merk sharp,karena sy kurang paham cara lepas covernya.

    Dan kalau Ac bunyi berisik pada saat tombol fan pada remote di aktifkan itu kira2 yg perlu di perbaiki apanya? Karena suaranya ini sangat mengganggu kalau malam.

    Mohon jawabannya
    Makasih

    1. Untuk teman2 pengguna ac yang setia dan bersahabat kkalau ada masalah dgn ac anda bisa telp ke Daniel 021-71325135 atau biasa email
      Kita ahli dalam masalh tata udara,pemanas air electric,genset dll. pengalaman 15 tahun sejak tahun 1997 sampai sekarang.
      thank;s and sukses

  34. Diancuuuuk… Ternyata selama ini saia dikadalin sama tukang ac. Yang katanya emank hrs serpis 2 bulan sekali lah, ac saia merek cina lah jadi sering bocor. Wong barusan saia ketok2 doank selang buangan di luar, ternyata air ac di selang luar lsg ngalir werr.. werr. Air di selang buangan tidak mengalir sempurna krn selangnya bengkok. Walhasil saia bisa tidur dengan nyaman tanpa gangguan ac bocor. Trims buat para mas brow yang udah pada ngasih tips. Saya doakan sehat selalu dan makin banyak rezeki. Keep posting gan…!!

  35. Diancuuuuk… Ternyata selama ini saia dikadalin sama tukang ac. Yang katanya emank hrs serpis 2 bulan sekali lah, ac saia merek cina lah jadi sering bocor. Wong barusan saia ketok2 doank selang buangan di luar, ternyata air ac di selang luar lsg ngalir werr.. werr. Air di selang buangan tidak mengalir sempurna krn selangnya bengkok. Walhasil malam ini saia bisa tidur dengan nyaman tanpa gangguan ac bocor. Trims buat para mas brow yang udah pada ngasih tips. Saya doakan sehat selalu dan makin banyak rezeki. Keep posting gan…!!

  36. Weee……lumayan nih ada tips yg bisa dicoba nanti pas pulang kantor…..
    Trm ksh mazelisonk utk hints nya, soalnya kebetulan ac di rumah jg bocor dr indoor nya.

  37. AC saya udah berapa hari bocor, nyari tukang AC yang bener dan bisa dipercaya juga susah. Akhirnya iseng-iseng ngikuin saran di atas, akhirnya berhasil juga. Terima kasi banyak ya. Info-nya sangat membantu

  38. thansk berat pak, persoalannya sama kayak bapak.. saya tertantang utk ngebenerinnya doang.., kemaren udah di coba tapi tak tiup-tiup aja.. he he he….. langsung ke TKP
    thanks a lot…

    1. Untuk teman2 pengguna ac yang setia dan bersahabat kkalau ada masalah dgn ac anda bisa telp ke Daniel 021-71325135 atau biasa email
      Kita ahli dalam masalh tata udara,pemanas air electric,genset dll. pengalaman 15 tahun sejak tahun 1997 sampai sekarang.
      thank;s and sukses

    1. Untuk teman2 pengguna ac yang setia dan bersahabat kkalau ada masalah dgn ac anda bisa telp ke Daniel 021-71325135 atau biasa email
      Kita ahli dalam masalh tata udara,pemanas air electric,genset dll.
      thank;s and sukses

    2. Punya ane juga sama ac g dingin indor nya kata tukang ac selangnya bocor
      Udh ganti selang dan isi freon tetep g dingin
      Kalo mau dingin nyalain terus jangan dimati matiin sampe sekarang ac ane dingin karna abis isi freon kaga dimatiin pernah sekali ane matiin eh g dingin lagi dah…

  39. … wow thanks berat om infonya …. tadi malam AC indoor kamar saya mengalami masalah yg sama …. sepulang kantor nanti bisa saya coba trik ini dan kebetulan merek AC saya sama dengan yang di contohkan.

  40. Bung, boleh dibantu (foto) dimana letak baut yang dibuka ketika akan melepas cover indoor. saya ada masalah, pipa di outdoor ada dingin sampai ada es, tetapi indoor tidak dingin sama sekali ….. terima kasih. yoga

      1. dah saya update posisi baut, untuk AC sharp seperti punya saya baut akan keliatan setelah kita melepas/mengangkat ke atas cover atas (yang ada tulisan merk AC).
        Ada 2 buah di sebelah sisi kanan dan kiri bagian depan. tks

    1. Untuk teman2 pengguna ac yang setia dan bersahabat kkalau ada masalah dgn ac anda bisa telp ke Daniel 021-71325135 atau biasa email
      Kita ahli dalam masalh tata udara,pemanas air electric,genset dll.
      thank;s and sukses

  41. Sangat menolong; saya selama ini sedang mengalami masalah itu; tukang AC sudah cuci AC, tetapi tetap menetes. Katanya harus bobok ulang (perbesar) tembok tempat pipa buangan air tersebut agar lebih miring..

    Terima kasih Mas Mazeli.

    1. Untuk teman2 pengguna ac yang setia dan bersahabat kkalau ada masalah dgn ac anda bisa telp ke Daniel 021-71325135 atau biasa email
      Kita ahli dalam masalh tata udara,pemanas air electric,genset dll.
      thank;s and sukses

  42. thanks berat, bro. Sdh seminggu ac saya gak bocor lagi.
    Sedikit tips tambahan: Setelah bersih disemprot selang, tuang air lagi. (saya pake botol air mineral). Kalo air cepat habis, berarti saluran pembuangan sudah benar2 bersih. Karena air dari botol lebih deras kucurannya.

      1. memang bila air netes dari perangkat indoor ac sangat menyebalkan dan ini paernah saya alami. berdasarkan dari teknisi ac dia menyarankan simple dan mudah yaitu dengan cara meniup dan menghisah saluran pembuangan air ac tersebut, hati2 aja karena hasil isapan bisa ketelan hehehehe.

      2. sudah disedot kadang2 masih muncul lagi klo pagi ac terasa kurang dingin kenapa ya padahal klo pada pgi hari humidity udara kan masih banyak

Tinggalkan Balasan

