Perbaikan sendiri App Error 606 Endless Reset Problem (Studi Kasus 9780 a.k.a Onyx2)

Beberapa hari yang lalu Blackberry 9780 (Onyx2/Delta) saya mengalami masalah yang cukup fatal, yaitu OS BB ( v6.0.0.480 Platform 6.5.0.153) mengalami crash sehingga sama sekali tidak dapat dipakai. Bila BB direset (termasuk cabut baterai) maka loading OS akan lama sekali dan akhirnya akan muncul daftar semua aplikasi yang sudah terinstall di layar dan apabila setiap aplikasi tersebut diklik akan muncul tulisan “Uncaught exception: NullPointerException“, beberapa lainnya muncul “Uncaught exception: java.lang.Error” dan kemudian akan muncul layar putih menampilkan pesan”App Error 606” dan dibawahnya tulisan “Reset“. Begitu terus berulang setiap kali BB direset..

Masalah tersebut bermula saat saya mengunduh pembaruan “Aplikasi penyetelan Email” ver 6.11.0324.1701 dari vendor RIM.

Entah karena salah prosedur, karena saat itu memang konsentrasi lagi terbagi ke banyak hal, atau emang lagi apes akhirnya bukan pembaruan/update yang didapat tapi BB malah jd error.

Rasa cemas jelas ada, cuman selama ada om google dan koneksi internet yang cukup kencang membuat rasa panik tidak sempat mendatangi. Setelah googling dapat saya ketahui bahwa permasalahan yang saya hadapi tersebut dapat diatasi dengan cara menginstall ulang OS BB. Berikut langkah-langkahnya:

1. Persiapkan:

  • notebook/PC yang dilengkapi dengan koneksi internet yang cukup kencang, saya menggunakan netbook Toshiba NB305 dengan sistem operasi Windows 7 Starter.
  • BB dengan kabel datanya.

2. Unduh (download):

  • BBSAK (Blackberry Swiss Army Knife), yang saya gunakan BBSAK versi 1.7, dapat diunduh di sini. Ini dipakai untuk wipe (menghapus/mengosongkan OS dan semua aplikasi yang sudah terinstall semula).
  • Blackberry Desktop Software, yang saya gunakan Blackberry Desktop Software versi 6.0.1.18, dapat diunduh di sini. Ini digunakan untuk menginstall ulang OS ke dalam BB kita.
  • Installer OS yang mau diisikan ke dalam BB kita, saya menggunakan Official OS 6.0.0.285 dari Telkomsel (karena saya pelanggan Telkomsel), dapat diunduh di sini. Untuk pelanggan Indosat, XL, 3 juga tersedia di situ, tinggal pilih saja.

3. Install ke dalam notebook/PC semua hasil unduhan di atas.

4. Jalankan BBSAK untuk Wipe BB kita.

Cara jalankan BBSAK adalah:
– Sambungkan BB kita menggunakan kabel data ke notebook/PC
– Saat muncul dialog box “Please enter Password. If none leave blank” klik OK
– Klik menu Backup/Restore
– Klik Wipe Device
– Tunggu sampai proses selesai ditandai munculnya layar putih dan bertuliskan โ€œ507โ€ณ. Tutup program BBSAK, jangan lepas kabel data dan BB dari notebook/PC.

 

 

 

 

 

 

 

5. Jalankan APPLOADER dari Blackberry Desktop Software yang sudah diinstall (jangan jalankan Blackberry Desktop Software dari shortcut di desktop notebook/PC). Buka dari Windows Explorer folder Computer/SYSTEM(C)/Program Files/Common Files/Research In Motion/AppLoader

– Klik dua kali (double click) Loader . Klik terus tombol Next sampai muncul tampilan seperti ini:

– Centang pilihan yang di bawah, kemudian klik Next, kemudian akan muncul layar:

– Dari sini dapat kita pilih mana-mana saja aplikasi yang perlu saja yang mau kita install di BB kita. Untuk aplikasi wajib (ditandai dengan tanda centag abu-abu) jangan diganggu gugat, biarkan apa adanya. Setelah itu klik tombol Next, muncul layar:

– Centang pilihan yang di bawah, kemudian klik Next.

– Klik tombol Finish, sediakan segelas kopi dan cemilan dan biarkan software menyelesaikan tugasnya ๐Ÿ™‚ Proses instalasi memakan waktu sampai dengan 30 menit, apabila selesai nanti muncul notifikasi bahwa proses telah selesai dan kita boleh melepaskan kabel data dan BB dari notebook/PC.

6. Proses install ulang OS ke BB kita selesai, semua data dan aplikasi yang tersimpan sebelumnya (kecuali data/file dalam memory card) akan hilang. Bersyukurlah apabila sebelumnya (sebelum OS BB crash) Anda sempat backup data menggunakan Blackberry Software Desktop atau aplikasi pihak ke-3 lainnya. Karena saya sebelumnya sempat backup data, maka saya tinggal mengembalikan data tersebut menggunakan Blackberry Software Desktop.

Dengan Blackberry Software Desktop kita juga dapat meng-upgrade versi OS BB kita, tinggal sambungkan BB dengan kabel data ke notebook/PC yang tersambung ke internet. Cukup mudah dan sederhana.

7. Akhirnya selamatlah BB saya, tidak perlu repot bolak-balik klaim garansi atau ke tukang service.. ๐Ÿ™‚

29 tanggapan untuk “Perbaikan sendiri App Error 606 Endless Reset Problem (Studi Kasus 9780 a.k.a Onyx2)

  1. hallo gan.. saya punya BB 9810 dan mengalami mati sewaktu buka link dr temen, dan cuma lednya nyala merah aku instal ulang kok malah error app 606, aku coba dengan cara diatas masih tetap aja gak bisa sampai aku ulang2 berapa kali… dan aku ganti os lagi malah gak keditek aku balikin lagi os yg 7.0 sesuai versinya tetep aja error 606… Gimana solusinya gan … makasi sebelumnya
    dr Topan diSidoarjo

  2. Hallo terimakasih untuk tutorialnya ๐Ÿ™‚ it works for me! Awalnya semua contact di bbm ilang semua tapi saya inget pernah backup di email jadinya tinggal recovering dan skrg tinggal minta re-join ke grup bbm. Ya walaupun tetep kontak nomer handphone ilang semua tapi saya senang bisa eksperimen betulin sendiri iseng iseng penasaran dengan waktu kurang lebih sejam. Note to my self: Jangan lupa upgrade os dan back up data. Thankyou, xoxo.

  3. mas kalo bb bold 9650 verizone downloadnya osnya dmna yah? kok yg asia cuman smartfren, padahal kartunya pake simpati….?

  4. hapenya sh idup mas, tapi gelap, gimana cara instal ulangnya ? hapenya ajah ga bisa di apa apain ? sekalinya keluar kaya seperti ini ” uncaught exception : applicationRegist.getOrWaitFor(0x3826bb0c1bc02022)owner died Thread ” disuruh klik oke terus. saya klik oke terus ga ada balik lagi ke situ dan langsung keluar app error 606. itu gimana ya mas ?

  5. gan minta solusinya dong,, saya pake bb torch 2. saya baru pake bb belum ada 1 tahun. nah bb saya suka lemot. kata ade saya disuruh klik ALT SHIFT DEL. abis saya klik itu, langsung mati hapenya, trs kaya ngerstar gitu. tapi lama banget ada 2 jam an. trs saya langsung cabut ajah batrenya eh langsung keluar app error 606. itu gimana ya gan ?? tolong bantuannya dong ?? ๐Ÿ˜ฆ

    1. ALT+SHIFT+DEL fungsinya untuk reset/restart, mestinya setelah itu handset hidup normal lagi.
      kl keluar app error 606 berarti minta diinstall ulang seperti yang saya jelaskan di tulisan di atas.
      Selamat mencoba ๐Ÿ™‚

  6. gan..minta solusi nya donk..
    saya pake onyx 1 kena app error 606..
    tapi kalau instal ulang data akan hilang….
    ada cara buat balikin contact nya gak??
    makasi infonya gan…

    1. Sy punya bb dakota 9900 dpt masalah app error 606,,sy sdh coba sambung ke laptop/pc tp gak bisa connet (gak ada data bb yg masuk).
      Mohon dibantu. Makasih

  7. onyx sy jg mengalami mslh yg sama, tapi saya belum pernah back up data saya sama sekali.. apakah ada cara utk back up dulu sebelum di install ulang? trims

  8. untuk pemilihan operator apakah artinya OS BB kita akan dilocked untuk operator tersebut sehingga jika ke depannya kita akan mengganti sim card operator lain maka kita harus menginstal ulang OSnya juga?
    Thx.

    1. Pada langkah 3 di atas, setelah menginstall installer OS ke dalam laptop/PC lebih amannya file “vendor.xml” dihapus aja (letaknya biasanya di “program files-common files-research in motion-app loader”.

      Namun, dari beberapa literatur yg sy baca, misal kelupaan ga menghapus file tersebut pun juga ga papa.

  9. onyxku kena 606 juga mau coba benerin sendiri tapi mentok di poin 4 karena device nya gak connect ke PC. ada solusi kah? terima kasih.

    1. 1. Coba Komputer direstart dulu, setelah itu diulangi lagi langkah 4, atau
      2. coba pake kabel data lain?
      mungkin yang bermasalah kabel datanya.

  10. maaf gan tahu link donlot os BB yang lokal gak, saya coba donlot os dr link yang di atas gagal terus T_T, lagi kena app error 606 neh, btw saya pake kepler

Tinggalkan Balasan

