Audio Suzuki Katana

Audio adalah teman perjalanan yang harus selalu ada, entah itu dalam bentuk musik, warta berita radio, acara diskusi radio, atau yang lain..Oleh karena itu perangkat audio hampir pasti selalu terpasang dalam setiap mobil, entah mulai yang paling sederhana berharga ratusan ribu rupiah sampai perangkat audio bernilai puluhan juta rupiah.   Suzuki Katana tahun 2000 yang menjadi teman setia saya juga telah dilengkapi dengan sistem audio pula, walaupun kualitasnya ala kadarnya saja (sebatas bunyi dan syarat wajib ‘ada’ aja). Kualitas head unit sebagai perangkat utama sistem audio tersebut sangatlah payah, masih berjenis manual dan sensitifitas penangkapan gelombang radio sangat buruk dan tumpang tindih, begitu pula kualitas pemutar kasetnya.Juga 2 buah speaker yang terpasang tidak kalah jelek kualitasnya, hanya sekedar bisa bunyi aja. Pokoknya mendengarkan perangkat audio mobil ini bukannya mendatangkan kesenangan dan hiburan, tapi malah kejengkelan yang sering kali datang..

Untuk mengatasi masalah tersebut, tentu saya harus merombak perangkat audio yang terpasang.. Tentu saja saya tidak perlu dan tidak mau nekad menghabiskan banyak uang demi kesenangan ini, tapi setidaknya perangkat audio yang baru harus bisa menjadi teman perjalanan yang menyenangkan.. Berikut ini skema perangkat audio sederhana yang pengen saya pasang di Katana saya:

Pertimbangan penggunaan bass active adalah mengingat interior mobil Katana yang sempit sehingga kurang memungkinkan apabila harus membuat perangkat bass passive, selain itu biaya yang dikeluarkan juga relatif lebih kecil. Perangkat keras yang terpasang sebagian dibeli dalam kondisi setengah pakai dan sebagian lagi baru, diantaranya dibeli secara online, yaitu:

1. Head Unit ALPINE CDE-100EUB yang dibeli dalam kondisi baru secara online seharga Rp. 1.100.000,- (termasuk ongkos kirim ke Palangkaraya).

2. 4 buah speaker FUSION, 2 dipasang di bagian depan bawah (dekat pintu) dan 2 dipasang dibagian tengah, dibeli seharga Rp. 400.000,- dalam kondisi setengah pakai dari teman yang upgrade sistem audio mobilnya.

3. 1 buah bass active BASS WASSIOR, dipasang dibawah jok pengemudi (bentuknya tipis sehingga muat ditaruh di bawah jok), dibeli dalam kondisi baru dari toko asesoris mobil di Palangkaraya seharga Rp. 2 juta.

Sehingga total biaya yang dikeluarkan adalah sebesar 3,5 juta rupiah.. Setelah dipasang hasilnya kira-kira seperti ini:

Nah, dengan perangkat ini saya bisa mendengarkan media audio dari CD, USB, Radio atau asesoris lain dengan dentuman bass dan kualitas suara yang cukup memadai bagi saya .. 🙂 Perjalanan jarak jauh selama 4,5 -5 jam palangkaraya –  Banjarbaru yang sering saya jalani pun menjadi tidak membosankan lagi..

Instalasi

Instalasi perangkat audio di atas dilakukan secara bertahap, disesuaikan dengan kondisi dana yang tersedia yaitu:

1. Tahap 1, pemasangan bass active BASS WASSIOR dilakukan pada bulan Juni 2010.

2. Tahap 2, penggantian speaker bawaan mobil dengan speaker FUSION dilakukan pada bulan Agustus 2010.

3. Tahap 3, penggantian Head Unit bawaan mobil dengan ALPINE CDE-100EUB dilakukan pada akhir Oktober 2010.

Instalasi cukup sederhana, tinggal mengikuti skema yang diberikan di paket pembelian dan untuk sumber daya diambilkan langsung ke aki mobil dengan dilewatkan ke kunci kontak. Awalnya susah dan tidak berani untuk coba merakit sendiri, namun dengan memperhatikan cara kerja orang bengkel akhirnya dicoba untuk merakit sendiri. Yang agak susah adalah membuat instalasi pengabelan menjadi keliatan rapi dan tidak bersliweran, harus bongkar jok depan.

Iklan

5 tanggapan untuk “Audio Suzuki Katana

  1. Thanks gan sharingnya… Super sekali utk aplikasi katana sy. Klo skrg mgkn bisa ganti yg DVD ya. Sayang detail speaker kurang gan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s