lupa..

Dari sekian banyak jenis “lupa”, betapa lupa jenis ini adalah salah satu sifat manusia yang sering timbul. Memang pada dasarnya manusia selalu menginginkan dalam kondisi yang ‘nyaman‘ dan sebisa mungkin menghindari ‘ketidaknyamanan’, salah satunya ya dengan ‘melupakan‘. Dalam kasus ini kita seringkali lupa pada saat hidup ‘susah’ dan mungkin pada saat hidup susah itu kita masih rajin ibadah, peduli kepada sesama, tahu diri, dll. Nah, pada saat kehidupan menjadi ‘enak‘ perlahan-lahan kita menjadi malas ibadah, ga peduli dengan orang lain, sombong, dll. Mungkin, di pikiran bawah sadar kita tertanam bahwa hidup susah itu tidak enak makanya pada saat kehidupan berubah menjadi makmur maka pikiran bawah sadar kita membimbing kita untuk melupakan emosi-emosi yang kita lakukan saat kita masih dalam kondisi susah seperti di atas.

Seringkali kita temui saudara, sahabat, kenalan, orang lain yang berubah sifatnya saat kehidupannya terangkat, yaitu seringkali lupa pada saat kehidupannya masih prihatin. Bahkan seringkali melupakan saudara/sahabat/orang lain yang sedikit banyak membantunya pada masa lampau sehingga kehidupannya dapat terangkat seperti sekarang ini. Para tetua kaum Melayu dan Jawa yang bijak merangkumkannya dalam pepatah:

” bak kacang lupa pada kulitnya”

“kacang lali karo lanjarane”

yang semuanya mempunyai makna yang sama.

Mungkin pada momen lebaran Idhul fitri 1431 H kemarin ini dimana umumnya orang-orang perantauan mudik ke kampung halaman untuk bersilaturahmi (sekalian pamer bagi yang sudah sukses..) kita akan menemui beberapa orang seperti di atas. Bahkan tidak menutup kemungkinan, salah satu dari mereka adalah sudara kita. Diperlukan hati besar bila menemui kondisi seperti ini bila tidak mau sakit hati. Ya sudahlah, segala sesuatunya akhirnya akan kembali ke asalnya. Kita tidak usah pusing memikirkan orang lain,, 🙂

Anyway, Selamat Idhul Fitri 431 H, Taqobalallahu Minna Wa Minkum, Minal Aidin Wal Faidzin..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s